Anita Sari Sukardi

"Adapun buih, akan hilang sebagai sesuatu yang tidak gunanya; tetapi yang bermanfaat bagi manusia, akan tetap ada di bumi."
(Penggalan QS. Ar Ra'd : 17)



Melatih Anak Mandiri

0


#SerialBaca
Berikut adalah beberapa tips untuk melatih anak agar bisa mandiri:
  1. Berikan pujian terhadap kegiatan positif yang telah dilakukan anak, meskipun hasilnya kurang memuaskan. Hal ini akan memberikan motivasi kepada anak untuk berbuat yang sama di lain waktu.
  2. Orang tua atau pengasuh, jangan secara langsung memberikan bantun jika anak mengalami kesulitan. Berikan dorongan agar anak tidak mudah menyerah.
  3. Jika anak menginginkan sesuatu seperti kartun di televisi, buku bacaan, atau majalah anak, berilah kesempatan kepada anak untuk memilih. Jika memang apa yang dipilih kurang baik untuk mereka, berikan alasan yang dapat diterima mengapa harus memilih yang lain.
  4. Dorong dan terus berilah motivasi untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang positif untuk anak. Setelah orang tua mengetahui bahwa itu adalah bakat si anak, pupuk dan latih terus bakat anak.
  5. Sekali-kali ajak dan pancing si anak berdiskusi dan memberikan pendapat terhadap suatu permasalahan.
  6. Ajak anak untuk peka terhadap lingkungan dan membantu sesamanya, baik itu teman di sekolah maupun di rumah.
  7. Ajak anak untuk berkhayal tentang masa depan, misalnya apa yang menjadi cita-citanya kelak.
  8. Ajarkan anak bergantung kepada Tuhan. Ajarkan ketauhidan serta ibadah sejak dini. Sehigga nantinya jika anak mendapatkan suatu masalah yang berat, anak tidak akan terjerumus paa hal-hal negatif seperti narkoba, minupan keras, balapan liar dan yang lainnya.
Jakarta, 2017 | ©www.anitasarisukardi.com
Image Source: Unknown