Anita Sari Sukardi

"Adapun buih, akan hilang sebagai sesuatu yang tidak gunanya; tetapi yang bermanfaat bagi manusia, akan tetap ada di bumi."
(Penggalan QS. Ar Ra'd : 17)



Adab Membetuk Golden Habbits

0

Golden Habbit

#SerialBaca
Sebagai makhluk yang Allah ciptakan secara sempurna, maka masing-masing individu wajib untuk menjadi pribadi yang baik. Pribadi yang baik adalah pribadi yang mampu di terima oleh diri sendiri dan orang lain.


Lantas bagaimana seseorang bisa menjadi pribadi yang lebih baik? Berikut ini adalah beberapa kebiasan yang dapat dilakukan seseorang untuk menjadi pribadi yang lebih baik:

  1. Sholat
    Membiasakan (a) Shalat Fardhu di awal waktu dan berjama’ah; (b) Shalat Tathawwu’: shalat sunnah rawatib, dhuha, tahajjud,taubat atau tasbih.
  2. Puasa Sunnah
    Membiasakan puasa sunnah (3 hari sebulan, Senin- Kamis, atau seperti puasa Nabi Daud).
  3. Zakat Infaq Shodaqo
    Zakat wajib = 2,5 persen dari total penghasilan. Infaq dan sedekah secara istiqomah misalnya satu hari menyisihkan uang 2.000 rupiah untuk Palestina. Atau semampunya.
  4. Adab Islami
    Membiasakan beradab(cara-cara) islami dalam setiap kegiatan yang diajarkan oleh rasul.
  5. Tadarrus Al Qur’an
    Membiasakan tadarrus Al-Qur’an secara rutin, misalnya 1 juz 1 hari sehingga mampu khatam dalam sebulan, jika tak sanggup sebulan 1 juz baca 1 hari satu lembar, jika tak sanggup baca 1 halaman, jika tak sanggup baca satu ayat, jika tak sanggup baca satu ayat.
  6. Membaca ilmu
    Membiasakan membaca hal yang bermanfaat, misalnya minimal 1 jam per hari untuk membaca buku, jika tak sanggup maka semampunya.
  7. Liqo (mengaji)/Pengajian Umum
    Membiasakan diri untuk mengaji minimal 1 minggu sekali. Berkumpul untuk berdzikir kepada Allah.
  8. Berjamaah & Berorganisasi
    Dalam rangka mengajak kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf (perbuatan yang mendekatkan kepada Allah) dan mencegah perbuatan dari yang munkar.
  9. Berpikiran Positif
    Membiasakan diri untuk berpikir positif dalam segala hal, terutama ketika menyikapi sesuatu hal yang terjadi.
  10. Olahraga
    Biasakan olahraga untuk menjaga kesehatan minimal 1 minggu sekali(dengan perbanyak jalan), naik gunung atau jalan-jalan ke pantai, bersepeda, dan makan yang halal dan toyib.

Taman Menteng - Jakarta, 2017 | ©www.anitasarisukardi.com
Image Source: Personal Album