Anita Sari Sukardi

"Adapun buih, akan hilang sebagai sesuatu yang tidak gunanya; tetapi yang bermanfaat bagi manusia, akan tetap ada di bumi."
(Penggalan QS. Ar Ra'd : 17)



Keutamaan 10 Hari Awal Bulan Dzulhijah

0
#SerialLiqo
Ada masaku untuk berbagi, mungkin ini saja. Catatan kecil dari apa yang aku dapat. Yang aku coba mengamalkan dengan segenap jiwa dan raga. Langkah kecil untuk mengejar keridhaan dari Allah. Tuhanku.
*** 

Dinamakan bulan Dzulhijjah, karena orang Arab, sejak zaman jahiliyah, melakukan ibadah haji di bulan ini. Orang Arab melakukan ibadah haji sebagai bentuk pelestarian terhadap ajaran Nabi Ibrahim ‘alaihissallam. Dzulhijjah adalah bulan keduabelas dan terakhir dalam penanggalan hijriyah. Umat Islam berbeda pendapat dalam menentukan awal Dzulhijah.

Berikut adalah keutamaan 10 hari awal di bulan Dzulhijjah:

1. Dari Ibnu Abbas, Rasul bersabda:
“Tiada hari-hari yang amalan sholeh di dalamnya lebih dicintai oleh Alloh daripada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah.” Para sahabat bertanya: “Wahai Rosululloh, tidak pula jihad di jalan Alloh?" Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam menjawab: "Tidak juga jihad di jalan Alloh, kecuali seorang yang berangkat dengan jiwa dan hartanya kemudian tidak ada yang kembali sedikit pun " 
[HR al-Bukhori. Lafadz ini dari riwayat at-Tirmidzi]

2. Dari Jabir bin Abdullah, Rasul bersabda:
"Hari yang paling utama di dunia adalah hari sepuluh Dzulhijjah."

3. Ayat Al Quran
"Dan demi malam yang sepuluh." (Qs. al-Fajr: 2)

Keutamaan Orang yang Meninggal Syahid vs Malam Lailatul Qodar
a.  Jenasah orang mati syahid adalah suci. Jenasah tidak perlu disucikan terlebih dahulu ketika akan dibumikan. Jenasah orang yang meninggal di malam lailatul qadar masih disucikan.

b.  Orang meninggal karena syahid sudah dijamin Allah masuk syurga (sudah pasti) dan terlihat orang manusia awam. Orang yang meninggal di malam lailatul qadar hanya Allah dan orang-nya saja yang tahu.

c.  Orang yang meninggal syahid akan secara langsung melewati syiratalmustaqim. Orang yang meninggal dengan keutamaan lailatul qadhar akan mendapatkan kemudahan saja (cepat, lari, merangkak).

Amalan-amalan pada bulan dzulhijjah
1. Berhaji
2. Berkurban
   “Jika telah masuk sepuluh hari pertama Dzulhijjah dan salah seorang dari kalian ingin berkurban, maka janganlah ia mengambil rambut dan kulitnya sedikitpun.” 
[HR. Muslim]

   Ada beberapa ulama berpendapat bahwa berkurban hukumnya menjadi wajib, apabila mampu.

3. Sholat Ied
4. Puasa Sunnah
   Diutamakan pada tanggal 9 Dzulhijjah, namun jika ingin 10 hari di awal bulan dzulhijjah diperbolehkan karena puasa sunnah 9 Dzulhijjah (Puasa Arafah) dilakukan untuk mengikuti keadaan Wukuf orang yang sedang berhaji.

5. Sholat Malam
6. Dzikir
7. Menuntut Ilmu
8. Sedekah
9. Tilawah

Semoga Allah meridhai ilmu kita, semoga Allah mengampuni kita semua. Amin

Naum - Jakarta, 02 Maret 2016 | ©www.anitasarisukardi.com
Image Source: No Image