Anita Sari Sukardi

"Adapun buih, akan hilang sebagai sesuatu yang tidak gunanya; tetapi yang bermanfaat bagi manusia, akan tetap ada di bumi."
(Penggalan QS. Ar Ra'd : 17)



Anita Sari Sukardi Umroh 2013

0

Jedda - Mecca

***

Mom, do you remember this?
Mom, can we back home again?
God, i wanna home again.
Can you call me and my mom again?
Can you call me and my mom to come Al Aqsha?
Can you give this, for my birthday?
Please I beg you.


Aku kembali mengenang masa itu. Beberapa bulan sebelum mamah memutuskan pernikahannya dengan abah. Aku tahu betul mamah sangat mencintai abah, terlihat meskipun berkali-kali abah melukainya mamah akan mudah untuk memaafkan. Termasuk jika saat itu abah memilih meninggalkan wanita itu, mamah akan menerima kesalahan abah.

Mungkin watak itu mamah turunkan kepadaku, "Jika orang lain tak pergi atau membiarkanku pergi maka aku tak akan pergi". 

Sayangnya banyak hal yang tidak bisa dijelaskan dengan gamblang atau logika mengenai alasan seseorang mengambil suatu keputusan. Mungkin sebagai orang biasa dan cerdas akan mengambil keputusan bukan karena sifat gegabah, ia akan senantiasa menimbang akan 'apa yang ditinggalkan' dan 'apa yang akan menantinya di masa datang' namun apalah daya, semua hal terjadi karena kehendak Allah.

It's have been 5 years. And mom looks better right now. More healthy and fater. Alhamdulillah. Seandainya saja, tahun ini bisa umroh bersama lagi bareng mamah. Ikhtiar sudah dilakukan, namun apa daya jika uang belum memenuhi. Aku sangat berharap kepadamu Ya Allah, the one and only. I know that you can give me anything with the most beautiful ways in this world. Let me be Project Manager, let me director. Ah Allah. Give me a house.


Jakarta, 27 September 2017 | ©www.anitasarisukardi.com
Image Source: Personal Album