Anita Sari Sukardi

"Adapun buih, akan hilang sebagai sesuatu yang tidak gunanya; tetapi yang bermanfaat bagi manusia, akan tetap ada di bumi."
(Penggalan QS. Ar Ra'd : 17)

Akankah Kita Diam Untuk Palestina?

0
Senja Di Palestina

Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.

***

Begitu indah Allah mengisahkan tentang Al Aqsha. Al Aqsha menanti para pejuang yang lebih jauh. Masalah Palestina bukan hanya masalah umat Islam, bukan hanya masalah keimanan kaum muslimin, namun dia adalah juga masalah kemanusiaan.

Politik Apartheid diberlakukan Israel kepada warga Palestina, bangsa pewaris dan pemilik tanah para nabi yang telah mereka rampas..

Tahukah Engkau akan kejahatan kemanusiaan yang dilakukan zionis Israel pada bangsa Palestina? Listrik hanya dinyalakan 4 jam dalam sehari, UU yang melegalkan Israel untuk memenjarakan anak-anak berusia minimal 12 tahun tanpa proses persidangan, pajak 40% dari penghasilan warga Palestina, teror dan penembakan di tempat bagi para pendemo, pemukulan dan pengusiran paksa kepada para penjaga masjid Al-Aqsa baik laki-laki maupun perempuan (murobithin dan murobithoh), penghinaan terhadap kesucian masjid Al-Aqsa.. Yang paling biadab adalah slogan mereka "one shoot for two" untuk menembak mati perempuan Palestina yang sedang hamil.

Dan masih banyak berbagai bentuk kejahatan kemanusiaan lainnya yang zionis Israel lakukan atas bangsa Palestina.

Siapakah sesungguhnya yang berperilaku teroris? Masihkah kita akan tinggal diam padahal kita mengetahui kezaliman yang dihadapi bangsa Palestina setiap saat?

Lakukan sesuatu, saudaraku.

Lakukan sesuatu seperti yang diamanahkan baginda Rasulullah saw kepada kita semua.

  عَنْ مَيْمُوْنَةَ مَوْلاَة النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم:أَنَّهَا قَالَتْ: يَا رَسُوْلَ اللهِ اَفْتِنَا فِي بَيْتِ الْمَقْدِسِ ، فَقَالَ: اِئْتُوْهُ فَصَلُّوا فِيهِ ــ وَكَانَتْ الْبِلاَدُ إِذْ ذَاكَ حَرْبًا ــ فَاِنْ لَمْ تَأْتُوْهُ فَابْعَثُوْا بِزَيْتٍ يُسْرَِجُ فِي قَنَادِيْلِهِ) رواه أحمد و أبو داود

Dari Maimunah, istri Rasulullah SAW ia bertanya, "Yaa Rasulullah, berilah kami fatwa tentang Baitul Maqdis." Rasul menjawab, "Pergilah dan sholatlah di sana -kondisi Palestina saat itu sedang terjadi perang-  jika kamu tak dapat pergi ke sana maka kirimkan minyak untuk menyalakan lampu-lampunya." (HR. Ahmad dan Abu Dawud)

Saudaraku yang dirahmati Allah.

Sesungguhnyalah banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mendukung perjuangan kemerdekaan bangsa Palestina.

Pertama.. Pahamilah bahwa permasalahan Al-Aqsa, Al-Quds, dan Palestina bukan sekedar masalah sosial, ekonomi, kekerasan dan penjajahan. Namun ini adalah masalah keimanan pada Allah dan RasulNya, dan yang paling sederhana serta tidak perlu materi yang banyak adalah untaian doa tulus dan khusyuk bagi bangsa Palestina.

Kedua.. Bahwa kita semua setelah berdoa, harus turut menjaga dan menyuarakan Al-Aqsa, Al-Quds dan Palestina dengan berbagai cara agar tercatat di hadapan Allah bahwa kita turut menorehkan tinta emas dalam perjuangan bangsa Palestina menjaga tanah wakaf yang diberkahi.

Ketiga.. Siapapun kita.. Apapun peran dan potensi yang dimiliki, jadikanlah itu sebagai saham yang bisa kita sumbangkan untuk membela A-Aqsa dan Palestina.

Keempat.. Al-Aqsa dan Palestina memanggil kita semua, bahkan memanggil siapapun yang memiliki nurani untuk membantu perjuangan disana..

Mari saudaraku.. Kita bahu membahu, bersatu dan lupakan perbedaan yang kadung ada diantara kita untuk menolong saudara-saudara kita, bangsa Palestina, karena sesungguhnyalah kita yang membutuhkan mereka.. Merekalah -5 juta penduduk Palestina- sebagai garda terdepan bagi 1,7 milyar umat Islam sedunia, yang menjaga tanah wakaf yang diberkahi..

Allah Yang Maha Agung akan menolong hambaNya yang menolong saudaranya dari kesulitan.. Kelak kepada siapa kita akan memohon pertolongan di hari yang tiada sesiapapun bisa memberi pertolongan kecuali Allah Azza wa Jalla?

Mulai saat ini, mulai hari ini, saudaraku.. Ketika raga masih Allah ijinkan untuk merebah di pembaringan yang nyaman, pejamkanlah mata dan ingat-ingatlah apa yang sudah kita berikan untuk Al-Aqsa dan Palestina.. Apakah doa, suara, tulisan atau harta benda..

Sudah memberi? Bersyukurlah kepada Allah Yang Maha Cinta  karena telah mengijinkan kita beramal shalih..

Belum memberi? Maka beristighfarlah.. Mohon ampunan kepada Allah Yang Maha Pengasih atas kelalaian kita..

Semoga Allah swt senantiasa menjaga kita dalam kebaikan..

Shalawat dan salam bagi Rasulullah Muhammad saw..

Salam Takzim,
Hj. Nurjanah Hulwani, S.Ag, M.E.
(Ketua Adara Relief International)

--------------------------------------

Salurkan donasi terbaik Bapak/Ibu/Saudara/i untuk Al-Aqsha dan Palestina ke nomor rekening atas nama Adara Relief International:

1. Bank Muamalat 3090002717
2. Bank Mandiri  070-000-5658799


Konfirmasi transfer:
Rahmah +6281252039110

Rewrite,
Anita Sari Sukardi