Anita Sari Sukardi

"Adapun buih, akan hilang sebagai sesuatu yang tidak gunanya; tetapi yang bermanfaat bagi manusia, akan tetap ada di bumi."
(Penggalan QS. Ar Ra'd : 17)



Pendidikan Anak Berdasarkan Fitrahnya

0
Pendidikan Anak Berbasis Fitrah
Allah merancang fitrah pada diri manusia, pada alam semesta dan pada kehidupan, lalu meletakkan di atasnya sistem hidup yang selaras dengan fitrah.
***

Setiap manusia yang Allah ciptakan di dunia ini pasti ada tujuannya. Tiap manusia memiliki perannya masing-masing. Maka dalam setiap keadaan yang menghadirkan manusia, maka Allah menetapkan Alasan kehadiran manusia tersebut.

Lalu bagaimana cara kita mengetahui peran kita atau anak kita dalam kehidupan?

Di pendidikan islam, mengenal adanya pendidikan berdasarkan fitrah. Fitrah di sini adalah kondisi konstitusi dan karakter yang dipersiapkan untuk menerima Agama. Fitrah dibagi menjadi dua fundamental. Pertama adalah fitrah munazalah (adab) yaitu adab yang diturunkan atau ditanamkan. Kedua adalah fitrah ghazirah yaitu fitrah yang dilahirkan dan diturunkan.

Konsentrasi Pendidikan Islam

Fitrah tidak berbicara skill dan knoledge, fitrah berbicara bagaimana cara menggairahkan konsep-konsep yang telah ditetapkan Allah pada manusia.

Fitrah itu antara lain sebagai berikut:
  1. Fitrah Keimanan atau Bertuhan
  2. Fitrah Pembelajar ( Belajar dan Nalar)
  3. Fitrah Bakat dan Kepemimpinan
  4. Fitrah Estetika dan Bahasa
  5. Fitrah Perkembangan
  6. Fitrah Individualis dan Sosialis
  7. Fitrah Jasmani ( Fisik dan Sehat)
  8. Fitrah Seksualitas dan Cinta
Fitrah Personal

Penerapan pendidikan berdasarkan fitrah antara lain sebagai berikut:
  1. 0 - 6 tahun (Penguatan Konsepsi)
  2. Pendidikan pada umur ini dicontohkan oleh pendidikan yang dialami rasullullah. Ketika umur 0 - 6 tahun pendidikan berkonsepsi alam. Pendidikan ini melalui imaji positif dan kecintaan di keluarga. Sehingga fokus pendidikan pada umur ini antara lain; tarbiyah langsung dengan alam, lingkungan yang hanif, kasih sayang orang tua, bangun cinta (akidah), kenali sifat unik anak, mengenalkan konsepsi gender anak.

  3. 7 - 10 tahun (Penyadaran Potensi)
  4. Fokus pendidikan pada umur ini adalah menumbuhkan dan menyadarkan fitrah sebagai potensi melalui interaksi dan aktifitas di lingkungan. Pendidikan di umur ini; mengajarkan ketertiban dan ketaatan, penguatan konsepsi gender yang dia sudah tahu perannya di masa mendatang akan menjadi seorang ibu/ayah. Anak-anak bisa diberikan dua pembimbing yaitu murabbi untuk imannya dan maestro untuk bakatnya. Tujuannya untuk mendapatkan keteladanan yang baru.

  5. 11 - 14 tahun (Pengujian Existensi)
  6. Fokus pendidikan pada umur ini adalah menguatkan dan menguji fitrah sebagai eksistensi peran. Contoh penerapan pendidikan ini adalah jadikan anak sebagai partner bisnis kita, anak pada umur 14 tahun sudah harus mandiri dan tanggung jawab. Selain itu contoh pendidikan pada umur ini adalah ajarkan anak untuk jadi perantau, bisa dilakukan dengan menyekolahkan anak di tempat yang jauh. 

Bandung, 17 Desember 2018 | ©www.anitasarisukardi.com
Image Source: Google Source

0 comments :

Post a Comment